Tuesday, November 11, 2014

MENGATASI KOMPUTER SECARA SEDERHAN YANG TIDAK BISA TAMPIL KEMONITOR

Asslamualaikum wr. wb... para bloger semua,,, mudah2an pada sehat semua.. dan ada pada lindungan Allah S.W.T.
Pagi ini saya ingin berbagi cerita, menganai komputer yang secara tiba2 tidak bisa tampil ke monitor,
Langsung saja kita ke poko masalah, ini masalah yang dialami saya berkali kali dengan komputer yang berbeda.
Saya bekerja di sebuah perusahaan, yang setiap paginya disibukan didepan komputer, Waktu itu pada hari jum'at tanggal 7 nopember 2014 seperti biasa saya menjalankan rutinitas saya didepan komputer, waktu itu menunjukan jam 16:55 wib dan saya pun bersiap-siap untuk pulang, cek komputer dan saya matikan seperti biasa.
Dan situ saya pulang karena sabtu dan minggu kerja libur,
Pada hari senin pagi, saya masuk kantor dan seperti biasa menyalakan komputer, saya tunggu dengan sabar, tapi apa yang terjadi komputer saya tidak bisa tampil kemonitor, saya heran apanya yang rusak..???
Ada bebrapa kemungkinan kerusakan,

1. POWER SUPLY SUDAH LEMAH,
2. DDR SUDAH RUSAK,
3. DLL....

Tapi jangan ambil sikap terburu, cobalah dengan jurus yang ini.
Cek kabel ke monitor, saya cek juga apakah monitornya yang rusak, setelah di cek monitor apakah semuanya baik2 saja ,kalau sambungan juga baik-baik saja, teruskan dengan mengecek cpu,
Pertama saya coba copot ddrnya, terus saya bersihkan, tapi tetap saja tidak mau tampil, dan itupun saya coba berulang2.. tapi apa yang terjadi tetap saja tidak mau tampil,
Akhirnya saya copotin semua dari mulai kabel power, mouse, kibord, dan sambungan ke monitor,
Cpu saya bawa keluar dan saya bongkar semua,, mulai dari semua sambungan kabel power ke mobo, ddr, kipas, terus saya bersihkan semuanya, itupun pakai alat seadanya, setelah beres terus dipasang lagi seperti semula dan pastikan semua sambungan sudah benar, alhasil......
Jreng komputer kembali nyala dan normal kembali,,
intinya:
Kalau ada masalah seperti itu jangan buru2 panik atau pergi ketukang service, coba di cek semua, dari mulai, ddr, power suply. kabel2 mungkin ada yang renggang, ataupun berdebu karena tidak pernah dibersihkan, tapi kalau semua usaha itu sudah dilakukan ya apa boleh buat,, siap2siap untuk mengeluarkan biaya service,,

Sekian dan terimakasih mudah-mudahan bermanfaat..



No comments: